Jika berbelanja ke pasar, sebagian dari Anda--apalagi perempuan--biasanya akan menawar lebih dulu sebelum membayar barang yang akan dibeli. Sampai harga cocok, uang baru berpindah tangan. Menawar memang menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia.
Hal inilah yang menjadi pegangan DinoMarket.com (http://www.dinomarket.com) dalam mengembangkan pasar online-nya. Bedanya, sementara tawar-menawar di pasar melalui percakapan langsung, di pasar online DinoMarket, penjual dan pembeli melakukan tawar-menawar melalui chatting.
"DinoMarket dirancang khusus sesuai karakteristik masyarakat Indonesia," kata Ajeng Resti Lusita, anggota staf pemasaran DinoMarket, kepada iTempo di Jakarta, Selasa lalu.
Fitur chatting terintegrasi ini jarang dimiliki portal jual-beli online lokal lainnya. Asalkan sama-sama sedang online, jika ada pembeli yang ingin menawar atau bertanya, bisa chatting langsung dengan penjualnya. Pengguna tak perlu menggunakan aplikasi chatting seperti Yahoo! Messenger (YM) atau GTalk.
"Ini mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli," ujar wanita berusia 24 tahun yang akrab dipanggil Ajeng ini.
Pasar dalam jaringan (daring) ini sejatinya diluncurkan dua tahun lalu, tepatnya November 2008. Saat pertama kali diluncurkan, fitur-fiturnya tak sekomplet sekarang. Seiring dengan berjalannya waktu, pasar daring yang dikelola PT Veelabs Indonesia, penyedia solusi pemasaran online, ini terus mengembangkan fitur-fiturnya agar makin khas atau sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.
Fasilitas yang baru diperkenalkan adalah aplikasi DinoMarket untuk pengguna iPhone dan BlackBerry. Aplikasi ini bisa diunduh ke perangkat Blackberry atau iPhone di alamat www.dinomarket.com. Setelah mengunduhnya, para pengguna iPhone dan BlackBerry bisa langsung melakukan jual-beli lewat perangkatnya, seperti membuka toko online, membuat profil produk, sampai mengunggah foto atau video.
Namun pengguna iPhone dan BlackBerry belum dapat memanfaatkan fitur chatting. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi iPhone untuk online marketplace yang pertama di Indonesia. "Saya yakin belum ada portal lokal lain yang punya fitur ini."
Selain itu, DinoMarket ("Dino" singkatan dari "Digital Number One") juga memiliki sejumlah kelebihan lain yang membuatnya berbeda dengan portal jual-beli online sejenis, antara lain pengguna bisa bergabung dan menjajakan produknya secara gratis.
Setelah mendaftar, pengguna akan dikirimi notifikasi via SMS gratis serta surat elektronik yang berisi kata kunci untuk login. Notifikasi lewat SMS ini sangat berguna karena orang tak selalu berada di depan komputer. Berbeda dengan ponsel, yang hampir selalu dalam genggaman. "Jika ada private message, juga akan dikabarkan melalui SMS," katanya.
Private message atau pesan pribadi menjadi fitur lain yang diunggulkan. Fitur ini bisa digunakan oleh pembeli yang ingin berinteraksi dengan si penjual saat penjualnya sedang offline.
Di portal ini, pengguna bisa membuat gerai atau toko online sendiri, bisa juga menjual barang satuan tanpa membuka toko. Jika membuka toko, pengguna bisa menampilkan semua profil produk plus fotonya. Toko online yang paling banyak dikunjungi akan ditampilkan di halaman awal, sedangkan yang lebih jarang akan ditampilkan di halaman selanjutnya.
Jika membuka toko, pengguna akan mendapat domain pribadi. Jadi, jika hendak masuk ke tokonya, ia tinggal mengetik domainnya saja. Misalnya tokondoro.dinomarket.com.. Ajeng menjamin, akses ke portal ini juga lebih cepat. Foto atau video produk juga bisa diunggah langsung seperti di blog pribadi atau jejaring sosial. Ukuran foto atau video tidak dibatasi, namun akan dikompres secara otomatis.
Untuk memudahkan pembeli mencari barang, produk-produk yang dijual di sini dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Misalnya, elektronik dan gadget, handphone, komputer, kamera, fashion, otomotif, film dan musik, atau barang antik.
Kendati siapa saja bebas mendaftar, DinoMarket menerapkan prosedur keamanan yang ketat. Jika ada foto, video, atau produk yang tak pantas diunggah bakal langsung dihapus. "DinoMarket dikelola profesional, hal-hal kecil kami perhatikan."
Setiap pengguna juga bisa membuka lebih dari satu toko. Saat ini, DinoMarket memiliki sekitar 25 ribu toko online, dengan jumlah produk mencapai ratusan ribu item. Puluhan ribu pedagang dan ratusan ribu pembeli berkumpul setiap hari di pasar daring ini.
Ajeng mengklaim DinoMarket pasar online terbesar dan tercanggih di Indonesia, sesuai dengan tagline-nya, "The Indonesia's Largest Online Marketplace". Jumlah penjual dan pembeli yang berkunjung akan terus bertambah, dengan fitur-fitur yang terus dikembangkan untuk kenyamanan pengguna.
Hal inilah yang menjadi pegangan DinoMarket.com (http://www.dinomarket.com) dalam mengembangkan pasar online-nya. Bedanya, sementara tawar-menawar di pasar melalui percakapan langsung, di pasar online DinoMarket, penjual dan pembeli melakukan tawar-menawar melalui chatting.
"DinoMarket dirancang khusus sesuai karakteristik masyarakat Indonesia," kata Ajeng Resti Lusita, anggota staf pemasaran DinoMarket, kepada iTempo di Jakarta, Selasa lalu.
Fitur chatting terintegrasi ini jarang dimiliki portal jual-beli online lokal lainnya. Asalkan sama-sama sedang online, jika ada pembeli yang ingin menawar atau bertanya, bisa chatting langsung dengan penjualnya. Pengguna tak perlu menggunakan aplikasi chatting seperti Yahoo! Messenger (YM) atau GTalk.
"Ini mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli," ujar wanita berusia 24 tahun yang akrab dipanggil Ajeng ini.
Pasar dalam jaringan (daring) ini sejatinya diluncurkan dua tahun lalu, tepatnya November 2008. Saat pertama kali diluncurkan, fitur-fiturnya tak sekomplet sekarang. Seiring dengan berjalannya waktu, pasar daring yang dikelola PT Veelabs Indonesia, penyedia solusi pemasaran online, ini terus mengembangkan fitur-fiturnya agar makin khas atau sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.
Fasilitas yang baru diperkenalkan adalah aplikasi DinoMarket untuk pengguna iPhone dan BlackBerry. Aplikasi ini bisa diunduh ke perangkat Blackberry atau iPhone di alamat www.dinomarket.com. Setelah mengunduhnya, para pengguna iPhone dan BlackBerry bisa langsung melakukan jual-beli lewat perangkatnya, seperti membuka toko online, membuat profil produk, sampai mengunggah foto atau video.
Namun pengguna iPhone dan BlackBerry belum dapat memanfaatkan fitur chatting. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi iPhone untuk online marketplace yang pertama di Indonesia. "Saya yakin belum ada portal lokal lain yang punya fitur ini."
Selain itu, DinoMarket ("Dino" singkatan dari "Digital Number One") juga memiliki sejumlah kelebihan lain yang membuatnya berbeda dengan portal jual-beli online sejenis, antara lain pengguna bisa bergabung dan menjajakan produknya secara gratis.
Setelah mendaftar, pengguna akan dikirimi notifikasi via SMS gratis serta surat elektronik yang berisi kata kunci untuk login. Notifikasi lewat SMS ini sangat berguna karena orang tak selalu berada di depan komputer. Berbeda dengan ponsel, yang hampir selalu dalam genggaman. "Jika ada private message, juga akan dikabarkan melalui SMS," katanya.
Private message atau pesan pribadi menjadi fitur lain yang diunggulkan. Fitur ini bisa digunakan oleh pembeli yang ingin berinteraksi dengan si penjual saat penjualnya sedang offline.
Di portal ini, pengguna bisa membuat gerai atau toko online sendiri, bisa juga menjual barang satuan tanpa membuka toko. Jika membuka toko, pengguna bisa menampilkan semua profil produk plus fotonya. Toko online yang paling banyak dikunjungi akan ditampilkan di halaman awal, sedangkan yang lebih jarang akan ditampilkan di halaman selanjutnya.
Jika membuka toko, pengguna akan mendapat domain pribadi. Jadi, jika hendak masuk ke tokonya, ia tinggal mengetik domainnya saja. Misalnya tokondoro.dinomarket.com.. Ajeng menjamin, akses ke portal ini juga lebih cepat. Foto atau video produk juga bisa diunggah langsung seperti di blog pribadi atau jejaring sosial. Ukuran foto atau video tidak dibatasi, namun akan dikompres secara otomatis.
Untuk memudahkan pembeli mencari barang, produk-produk yang dijual di sini dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Misalnya, elektronik dan gadget, handphone, komputer, kamera, fashion, otomotif, film dan musik, atau barang antik.
Kendati siapa saja bebas mendaftar, DinoMarket menerapkan prosedur keamanan yang ketat. Jika ada foto, video, atau produk yang tak pantas diunggah bakal langsung dihapus. "DinoMarket dikelola profesional, hal-hal kecil kami perhatikan."
Setiap pengguna juga bisa membuka lebih dari satu toko. Saat ini, DinoMarket memiliki sekitar 25 ribu toko online, dengan jumlah produk mencapai ratusan ribu item. Puluhan ribu pedagang dan ratusan ribu pembeli berkumpul setiap hari di pasar daring ini.
Ajeng mengklaim DinoMarket pasar online terbesar dan tercanggih di Indonesia, sesuai dengan tagline-nya, "The Indonesia's Largest Online Marketplace". Jumlah penjual dan pembeli yang berkunjung akan terus bertambah, dengan fitur-fitur yang terus dikembangkan untuk kenyamanan pengguna.
Klaim ini bisa diuji dengan klaim para situs dagang lainnya. Forum jual Beli Kaskus, contohnya juga mengklaim yang sama. Anggota Kaskus yang mencapai sejuta lebih adalah pengguna forum tersebut.
DIMAS
Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2010/04/10/brk,20100410-239351,id.html
0 komentar:
Posting Komentar